JENIS-JENIS PEKERJAAN


Jenis Pekerjaan


Pedagang

            Pedagang adalah orang yang melakukan pekerjaan dengan menjual barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan.Pedagang ada yang berdagang secara menetap, namun ada pula yang berdagang dengan berpindah tempat.Pedagang yang berdagang secara menetap misalnya warung. Pedagang yang berdagang dengan berpindah tempat misalnya pedagang kaki lima dan pedagang asongan. Pedagang kaki lima biasanya berjualan di pinggir jalan,sedangkan pedagang asongan menjajakan dagangannya dengan berjualan di terminal, stasiun, perumahan, dan tempat ramai lainnya.


Nelayan

          Nelayan adalah orang yang pekerjaannya menangkap ikan di laut.Negara Indonesia terdiri atas kepulauan yang dikelilingi lautan. Kondisi slam menjadikan ma­syarakat bekerja sebagai nelayan. Umumnya mereka yang tinggal di tepi pantai.Nelayan mencari ikan dengan menggunakan perahu.Mereka menangkap ikan dengan jala. Hasil dari pekerjaan nelayan diantaranya: ikan tongkol, ikan pari, tengiri, dan sebagainya. Ikan hasil tangkapan dijual ke tempat pelelangan ikan (TPI).Dari hasil menjual ikan, nelayan dapat memperoleh uang.Uang tersebut digunakan nelayan untuk memenuhi kebutuhannya.
Namun ada juga orang yang pekerjaan utamanya mencari ikan di danau maupun sungai.Pekerjaan ini biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal di daerah pedalaman.

Penjahit

            Penjahit adalah orang yang pekerjaannya menjahit kain. Barang-barang yang dihasilkan oleh penjahit antara lain baju, celana, dan jaket. Peker­jaan penjahit membutuhkan keterampilan.Untuk dapat menjahit tentu orang harus belajar.Penjahit mendapatkan uang dari hasil menjahit.Uang yang diperolehnya dinamakan upah.
Ada orang yang bekerja sebagai penjahit di perusahaan tekstil.Tetapi ada juga yang bekerja sebagai penjahit di rumah. Menjadi penjahit pada perusahaan tekstil akan memperoleh upah dari perusahaan tempat ia bekerja 

Tukang Kayu

            Orang yang pekerjaannya membuat benda-­benda dari kayu dinamakan tukang kayu. Hasil pekerjaan tukang kayu antara lain meja, kursi, lemari, pintu, dan kerangka jendela. Pekerjaan tukang kayu banyak dijumpai di wilayah pedesa­an. Karena dekat dengan bahan baku. Barang yang dihasilkan tukang kayu kemudian dijual di kota. Namun ada pula yang dititipkan di toko-toko untuk dijual.Hasil dari penjualan tersebut diper­oleh uang.

Bertani

            Indonesia merupakan negara agraris.Pekerjaan masyarakat negara agraris adalah bertani.Bertani yakni bercocok tanam di sawah maupun kebun.Orang yang pekerjaannya bertani dinamakan petani.
            Pekerjaan bertani sebagian besar dilakukan di daerah pedesaan.Karena lahan yang tersedia untuk pertanian masih luas.Lahan yang ada di pedesaan selain digunakan untuk pertanian juga dimanfaatkan untuk peladangan dan perkebunan.Lahan pertanian pada umumnya berada di datar­an rendah.Namun, ada juga yang berada di daerah perbukitan.Di daerah ini lahan pertanian dibuat terasering.
            Lahan pertanian dinamakan sawah.Hasil pertanian berupa padi.
Selain bertani di sawah petani juga bertani di ladang.Wilayah untuk perladangan tidak mem­butuhkan pengairan yang banyak. Hasil dari per­ladangan antara lain jagung, kedelai, kacang tanah, dan sebagainya.
            Perkebunan biasanya dilakukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi.Wilayah ini berhawa dingin, pada umumnya tanaman yang ditanam selain padi. Hasil tanaman perkebunan antara lain: cokelat, strobery, teh, kopi, sayuran.
Pertanian tidak hanya dilakukan di daratan.Namun, juga dapat dilakukan di perairan, dinamakan petani ikan atau petani tambak.Petani ikan atau petani tambak adalah petani yang membuat kolam atau tambak untuk memelihara ikan. Ikan yang dipelihara antara lain gurameh, nila, lele, udang, bandeng dan sebagainya.

Beternak

            Beternak yaitu suatu kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan hewan.Orang yang pekerjaannya beternak dinamakan peternak.Kegiatan beternak biasanya banyak terdapat di desa.Karena beternak membu­tuhkan tanah yang luas. Adapun hewan yang diternakkan antara lain: kambing, sapi, kuda, unggas, itik, burung puyuh, cacing, dan ulat sutera.
            Beternak kambing, sapi akan menghasilkan susu, daging, dan kulit. Kotorannya dapat dimanfaatkan untuk pupuk kompos.Bahkan sekarang ini kotoran sapi pun dapat dimanfaatkan sebagai energi pengganti dinamakan biogas. Beternak unggas, itik, dan burung puyuh akan menghasilkan telur, daging, dan bulu. Hasil dari beternak cacing dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan. Ulat sutera menghasilkan serat yang dapat dibuat kain sutera

Membuat barang kerajinan

            Kerajinan adalah barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan, bukan dibuat oleh mesin industri.Orang yang pekerjaan utamanya membuat dan menghasilkan barang kerajinan dinamakan perajin. Adapun barang-barang kerajinan antara lain: batik, hiasan dinding, souve­nir, tikar, gerabah, tembikar, peralatan rumah tangga dan lain-lain.
            Kerajinan batik yang terkenal berasal dari Pekalongan.Namun di Solo juga terdapat ke­rajinan batik.Hasil dari jenis kerajinan dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga maupun sebagai perhiasan.Para perajin memperoleh penghasilan dari hasil menjual kerajinan yang dibuatnya.
            Beragam bentuk dan jenis hasil kerajinan dapat dijumpai di setiap daerah.Kerajinan setiap daerah berbeda-beda.Selain itu bentuk kerajinan juga dapat ditemui di tempat-tempat wisata.Pemerintah daerah kadang mengadakan pameran kerajinan rakyat.Hal ini bertujuan untuk mengenalkan masyarakat pada kerajinan.Bagi perajin, pameran ini sebagai tempat me­masarkan hasil karyanya.
Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa atau Pelayanan
            Selain pekerjaan yang menghasilkan barang juga ada pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan.Meskipun tidak berwujud tetapi kita dapat merasakan manfaatnya. Pekerjaan yang menghasilkan jasa tersebut seperti: 

Guru

            Orang yang pekerjaannya memberikan ilmu kepada murid dinamakan guru.Tugas guru ada­lah mengajar.Tugas guru tidak mudah.Tugas ini penuh tantangan.Karena guru bertugas mem­bimbing murid agar pandai.Selain itu agar siswa dapat memahami pelajaran yang disampaikan.Guru yang baik dicintai para murid. Guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Untuk itu sebagai murid kita harus menghormatinya.Ketika guru sedang mengajar.kita hendaknya memper­hatikan pelajaran yang disampaikan.

Paramedis dan Dokter

            Paramedis dan dokter adalah orang yang bekerja untuk kepentingan kemanusiaan.Mereka bekerja di bidang kesehatan.Dokter_adalah orang pekerjaannya meng­obati orang yang sakit.Pekerjaan dokter tidak mudah.Dokter harus berhati-hati, agar orang yang diobati tidak tambah sakit.Hasil yang diberikan oleh dokter kepada orang sakit adalah jasa atau pela­yanan kesehatan.Dokter ada yang spesialis dan ada dokter umurn.Dokter spesialis biasanya me­nangani penyakit-penyakit tertentu, sesuai de­ngan bidang keahliannya.Dokter yang pekerja­annya mengobati orang yang sakit gigi dinama­kan dokter gigi.Apabila kita ingin mencabut gigi, kita dapat pergi ke dokter gigi.Orang sakit yang diobati dan dirawat dokter disebut pasien.

Polisi

            Polisi yaitu orang yang pekerjaannya men.jaga ketertiban dan keamanan masyarakat.Polisi yang bertugas menjaga ketertiban lalu lintas di jalan raya dinamakan polisi lalu lintas.Polisi lalu lintas disingkat Polantas.Polisi yang bertugas menjaga hutan disebut polisi hutan.Polisi adalah pelindung masyarakat.Hasil pekerjaan dari polisi bukan berupa barang melainkan jasa/ pelayanan keamanan.Dengan rasa aman kita menjadi tenang dan nyaman.Tidak merasa ta­kut.polisi juga termasuk aparat/petugas penegak hukum. Siapa saja yang melanggar hukum tentu akan ditangkap polisi. Untuk itu sebaiknya kita semua taat pada peraturan. Dengan taat pada peraturan, kita telah membantu menegakkan hukum

Tentara/TNI

            Tentara adalah orang yang pekerjaannya menjaga keamanan dan ketertiban.Tentara me­rupakan benteng pertahanan negara.Tugas tentara tidak mudah.Karena harus mengamankan negara dari segala bentuk ancaman musuh.Jasa yang diberikan oleh tentara berupa keaman­an dan ketertiban.

Petugas kecamatan

            Orang yang bekerja di kantor pemerintahan dinamakan pegawai negeri. Mereka mendapat­kan penghasilah atau gaji dari pemerintah.Selain gaji, mereka juga memperoleh tunjangan kese­jahteraan.Hasil pekerjaan dari pegawai negeri berupa jasa/pelayanan.Pegawai negeri bertugas melayani kepentingan masyarakat.Pelayanan yang diberikan pegawai negeri kepada masyara­kat antara lain pembuatan KTP, pembuatan kartu keluarga.
            Orang yang bekerja di perusahaan/kantor swasta dinamakan pegawai swasta atau karya­wan swasta.Pekerja swasta diangkat sesuai bi­ dang pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan.

Sopir

           Ada yang bekerja sebagai sopir.Sopir angkutan umum.Dan sopir ribadi.Sopir angkutan umum melayani penumpang.Dari terminal ke terminal.Sopir pribadi melayani majikannya.

Pramuniaga

            Pramuniaga adalah orang yang bekerja sebagai pelayan toko.Hasil pekerjaan yang diberikan oleh pramuniaga bukan berupa barang, melainkan jasa pelayanan terhadap pembeli. Ketika kita membeli barang di toko, pramuniaga akan membantu kita mencarikan barang yang kita butuhkan tersebut.
Pramugari
            Pramugari merupakan pelayan ketika kita naik pesawat terbang.Membantu mencarikan tempat duduk sesuai nomor.Membetulkan sabuk pengaman dan sebagainya.Semua itu dilakukan agar kita merasa nyaman saat naik pesawat terbang. Selain di pesawat terbang, jenis pekerjaah ini dapat dijumpai pada jenis kereta api. Biasanya pengangkutan kereta api eksekutif. 

Arsitek

            Arsitek adalah orang yang ahli di bidang arsitektur.Semua bangunan tanpa arsitektur hasilnya tidak memuaskan. Arsitek bertugas menggambar  dan merencanakan suatu bangunan. Perencanaan disesuaikan dengan luas tanah dan model bangunan yang dikehendaki.

http://www.primasiswa.com/posts/381/semester-2-bab-1-jenis-jenis-pekerjaan 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "JENIS-JENIS PEKERJAAN "

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive