Contoh RPL Layanan Bimbingan Klasikal (Cara Berbicara Yang Baik)


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN

BIMBINGAN KONSELING


A.                Topik Permasalahan    : Cara Berbicara Yang Baik
B.                 Bidang Bimbingan      : Pribadi
C.                 Jenis Layanan              : Informasi
D.                Fungsi Layanan           : Pemahaman dan Pengembangan
E.                 Tujuan Layanan dan Hasil yang ingin dicapai            :
1.         Tujuan Layanan Bimbingan Klasikal ini adalah siswa mampu    :
a.       Mengerti tentang cara berbicara yang baik
b.      Memahami cara berbicara yang baik
c.       Mengerti pentingnya berbicara yang baik
2.         Hasil yang Ingin Dicapai :
Siswa dapat mengaplikasikan pemahaman yang diperolehnya dalam berkomunikasi
F.                  Sasaran Layanan                     : Siswa kelas XII SMA N 03 Pemalang
G.                Tempat Penyelenggaraan        : Ruang Kelas
H.                Waktu Penyelenggaraan         : 1 x 45 Menit
I.                   Penyelenggaraa Layanan        : Praktikan
J.                   Pihak-pihak yang Dilibatkan   : Guru BK Kelas XII
K.                Metode                                    : Ceramah, Tanya Jawab
L.                 Strategi                                    : Klasikal
M.               Materi                                      : Cara Berbicara Yang Baik (Terlampir)
N.                Uraian Kegiatan/ Skenario      :
1.         Uraian Kegiatan
Tahap
Kegiatan
Nilai yang ditanamkan

Guru
Siswa

1.      Pendahuluan
a.       Memberikan salam
b.      Memperkenalkan diri dan membina hubungan baik dengan siswa
c.       Apersepsi (memberi kesempatan kepada siswa mengungkap pengalaman yang relevan dengan topik)
d.      Menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini dilakukan
a.         Menjawab salam
b.        Menanggapi dan memperhatikan
c.         Aktif memperhatikan dan mengungkapkan pengalaman yang relevan dengan topik
d.        Aktif memperhatikan dan diberi kesempatan menanggapi tentang maksud dan tujuannya
Peduli
Santun
Disiplin
Kreativitas
2.      Inti











































a. Mengamati (learning to know) -> Berfikir
Berfikir logis
Mengajak mengamati gambar dalam tayangan video tentang cara komunikasi yang baik
Berfikir dan mengungkapkan pemahamannya
Tentang tayangan video yang menggambarkan cara berkomunikasi yang baik
b.Menanyakan (learning to know) -> Merasakan
Mengajak siswa untuk berempati dan kesediaan membantu siswa untuk berbicara yang baik
Ikut merasakan menanggapi dan mengungkapkan niatnya untuk membantu siswa berbicara yang baik
Berempati
c.Mengumpulkan informasi (learning to know) -> Bersikap
Menanyakan dan dilanjutkan dengan menjelaskan tentang pengertian, proses, pentingnya, ketrampilan, kiat dan tipe berbicara
Mengumpulkan informasi, menjawab dan memperhatikan penjelasan tentang pengertian, proses, pentingnya, ketrampilan, kiat dan tipe berbicara
Berpikir
logis
Kreativitas
d.Mengasosiasi (learning to do) -> Bertindak
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak berbicara dengan baik
Mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak berbicara dengan baik




Berfikir
Kritis
Kreativitas
e.Mengkomunikan rencana tindakan (learning to live toghether) -> Bertanggungjawab
Mengajak siswa merencanakan tindakan untuk membantu siswa mampu berbicara dengan baik
Mengungkapkan rencana tindakan untuk membantu siswa mampu berbicara dengan baik
Tanggung Jawab
3.      Penutup
a.       Mengajak siswa membuat ringkasan materi
b.      Memberikan penilaian segera dengan menanyakan UCA
c.       Memberi umpan balik
d.      Melakukan tindak lanjut
a.       Membuat ringkasan materi

b.      Memperlihatkan dan menanggapi

c.       Menerima umpan balik
d.      Menerima tindak lanjut
Tanggung jawab

O.      Media dan Sumber Materi           :
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Effendy, Onong U. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supratiknya. 2009. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.
P.        Rencana Penilaian/ evaluasi         :
1.      Penilaian Proses         : Menilai kesungguhan, keaktifan, dan keantusiasan dalam mengikuti bimbingan dengan menggunakan strategi klasikal melalui pengamatan.
2.      Penilaian Hasil           :
a.       Laiseg       :
1)      Menilai penguasaan materi melalui tanya jawab (pengetahuan/understanding)
2)      Menilai sikap/ perasaan positif melalui pengamatan dan tanya jawab (Comfortable)
3)      Menilai ketrampilan/rencana tindakan (action) melalui tanya jawab dan hasil karya (tugas kelompok tentang rencana tindakan cara mengatasi )
b.      Laipen      : menilai sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah siswa melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal)
c.       Laijapen   : menilai sejau mana siswa bener-bener konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang)
Q.      Cacatan Khusus   :
Semarang,       2015

Mengetahui,                                                                    
Guru Pamong                                                                   Praktikan
                


G. Rohastono Ajie                                                           Syaeful Amri Bagus R

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Contoh RPL Layanan Bimbingan Klasikal (Cara Berbicara Yang Baik)"

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive