RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
A.
Topik Permasalahan : Cara Berbicara Yang Baik
B.
Bidang Bimbingan : Pribadi
C.
Jenis Layanan : Informasi
D.
Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pengembangan
E.
Tujuan Layanan dan Hasil yang
ingin dicapai :
1.
Tujuan Layanan Bimbingan Klasikal
ini adalah siswa mampu :
a.
Mengerti tentang cara berbicara yang baik
b.
Memahami cara berbicara yang baik
c.
Mengerti pentingnya berbicara yang baik
2.
Hasil yang Ingin Dicapai :
Siswa dapat mengaplikasikan pemahaman yang diperolehnya
dalam berkomunikasi
F.
Sasaran Layanan : Siswa kelas XII SMA N 03 Pemalang
G.
Tempat Penyelenggaraan : Ruang Kelas
H.
Waktu Penyelenggaraan : 1 x 45 Menit
I.
Penyelenggaraa Layanan : Praktikan
J.
Pihak-pihak yang Dilibatkan : Guru BK Kelas XII
K.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab
L.
Strategi : Klasikal
M.
Materi : Cara Berbicara Yang Baik
(Terlampir)
N.
Uraian Kegiatan/ Skenario :
1.
Uraian Kegiatan
Tahap
|
Kegiatan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
1. Pendahuluan
|
a. Memberikan salam
b. Memperkenalkan diri dan membina hubungan
baik dengan siswa
c. Apersepsi (memberi kesempatan kepada siswa
mengungkap pengalaman yang relevan dengan topik)
d. Menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini
dilakukan
|
a.
Menjawab
salam
b.
Menanggapi
dan memperhatikan
c.
Aktif
memperhatikan dan mengungkapkan pengalaman yang relevan dengan topik
d.
Aktif
memperhatikan dan diberi kesempatan menanggapi tentang maksud dan tujuannya
|
Peduli
Santun
Disiplin
Kreativitas
|
2.
Inti
|
a. Mengamati (learning to know)
-> Berfikir
|
Berfikir
logis
|
|
Mengajak
mengamati gambar dalam tayangan video tentang cara komunikasi yang baik
|
Berfikir
dan mengungkapkan pemahamannya
Tentang
tayangan video yang menggambarkan cara berkomunikasi yang baik
|
||
b.Menanyakan (learning to know)
-> Merasakan
|
|||
Mengajak
siswa untuk berempati dan kesediaan membantu siswa untuk berbicara yang baik
|
Ikut
merasakan menanggapi dan mengungkapkan niatnya untuk membantu siswa berbicara yang baik
|
Berempati
|
|
c.Mengumpulkan informasi (learning
to know) -> Bersikap
|
|||
Menanyakan dan dilanjutkan dengan
menjelaskan tentang pengertian, proses, pentingnya, ketrampilan, kiat dan
tipe berbicara
|
Mengumpulkan
informasi, menjawab dan memperhatikan penjelasan tentang pengertian, proses,
pentingnya, ketrampilan, kiat dan tipe berbicara
|
Berpikir
logis
Kreativitas
|
|
d.Mengasosiasi (learning to do)
-> Bertindak
|
|||
Memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengkritisi dan menilai dampak siswa yang tidak berbicara dengan baik
|
Mengkritisi
dan menilai dampak siswa yang tidak berbicara dengan baik
|
Berfikir
Kritis
Kreativitas
|
|
e.Mengkomunikan rencana tindakan
(learning to live toghether) -> Bertanggungjawab
|
|||
Mengajak siswa merencanakan
tindakan untuk membantu siswa mampu berbicara dengan baik
|
Mengungkapkan
rencana tindakan untuk membantu siswa mampu berbicara dengan baik
|
Tanggung
Jawab
|
|
3. Penutup
|
a. Mengajak siswa membuat ringkasan materi
b. Memberikan penilaian segera dengan
menanyakan UCA
c. Memberi umpan balik
d. Melakukan tindak lanjut
|
a. Membuat ringkasan materi
b. Memperlihatkan dan menanggapi
c. Menerima umpan balik
d. Menerima tindak lanjut
|
Tanggung
jawab
|
O.
Media dan Sumber Materi :
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT.
Grafindo Persada.
Effendy, Onong U. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Supratiknya. 2009. Tinjauan
Psikologis Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.
P.
Rencana Penilaian/ evaluasi :
1.
Penilaian Proses : Menilai kesungguhan, keaktifan, dan
keantusiasan dalam mengikuti bimbingan dengan menggunakan strategi klasikal
melalui pengamatan.
2.
Penilaian Hasil :
a.
Laiseg :
1)
Menilai penguasaan materi melalui
tanya jawab (pengetahuan/understanding)
2)
Menilai sikap/ perasaan positif
melalui pengamatan dan tanya jawab (Comfortable)
3)
Menilai ketrampilan/rencana
tindakan (action) melalui tanya jawab dan hasil karya (tugas kelompok tentang
rencana tindakan cara mengatasi )
b.
Laipen : menilai sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah
siswa melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal)
c.
Laijapen : menilai sejau mana siswa bener-bener konsisten dalam
melaksanakan layanan bimbingan dengan strategi klasikal (jangka panjang)
Q.
Cacatan Khusus :
Semarang, 2015
Mengetahui,
Guru Pamong Praktikan
G. Rohastono Ajie Syaeful Amri Bagus R
0 Response to "Contoh RPL Layanan Bimbingan Klasikal (Cara Berbicara Yang Baik)"
Post a Comment