|
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. Topik
Permasalahan : (Bebas / Ditentukan Bersama)
B. Bidang
Bimbingan : Sosial
C. Jenis
Layanan : Bimbingan
Kelompok ( Bebas )
D. Fungsi
Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi
yang Ingin Dicapai:
1. Tujuan
Layanan : Setelah
mendapatkan layanan ini, peserta didik diharapkan dapat :
- Memahami
permasalahan dari masalah yang dihadapi
- Memiliki
sikap positif tentang masalah yang telah dihadapi
- Terpecahkannya
masalah individu yang bersangkutan dan diperolehnya imbasan pemecahan masalah
tersebut bagi individu-individu lain peserta layanan ini
2. Hasil
yang Ingin Dicapai :
Agar
peserta didik dapat memahami topik yang di sampaikan
F. Sasaran Layanan : Siswa SMA N 3 Pemalang kelas XII IIS 1
G. Uraian Kegiatan :
No
|
Tahapan
|
Kegiatan
|
Nilai Yang Ditanamkan
|
|
Guru Pembimbing
|
Peserta Didik
|
|||
1.
|
Pembentukan
(15 Menit)
|
a. Menerima
kehadiran AK secara terbuka dan mengucapkan terima kasih
b. Memimpin
berdoa
c. Menjelaskan
pengertian dan tujuan bimbingan kelompok
d. Menjelaskan
cara pelaksanaan bimbingan kelompok diantaranya :
- Format
kegiatan
- Peran
anggota kelompok
- Suasana
interaksi
e. Menjelaskan
asas-asas bimbingan kelompok (kerahasiaan, kesukarelaan,
keterbukaan, kegiatan, kenormatifan, kekinian)
f. Menyampaikan
kesepakan waktu
g. Perkenalan
dilanjutkan Permainan untuk menghangatkan suasana agar saling terbuka, saling
percaya, saling menerima sehingga tercipta dinamika kelompok
h. Pembacaan
ikrar yang dibacakan konselor dan diikuti AK
|
a. Merespon
dengan membalas ucapan kembali kasih
b. Berdo’a
c. Memperhatikan,
mendengarkan
d. Memperhatikan
dan mendengarkan
e. Memperhatikan
f. Menyepakati
waktu
g. Memperkenalkan
diri secara bergantian dan melaksanakan permainan
h. Mengikuti
|
a. Santun,
peduli
b. Religius
c. Berpikir
logis
d. Berpikir
logis
e. Berfikir
logis
f. Disiplin
g. Saling
menghargai, keaktifan, kerjasama
h. Keaktifan
dan mau bekerja sama
|
2.
|
Peralihan
(10 menit)
|
a. Mengkondisikan
anggota kelompok agar siap melanjutkan ketahap berikutnya
b. Menanyakan
kesepakatan AK untuk kegiatan lebih lanjut dan mengenai sasaran
c. Menjelaskan
contoh masalah pribadi yang dapat dikemukakan dan dibahas dalam kelompok
|
a. Memberikan
respon jawaban atas kesiapan anggota kelompok
b. Menjawab
pertanyaan
c. Memberikan
respon, aktif dan menanggapi
|
a. Jujur
b. Menghargai
c. Memahami,
merespon
|
3.
|
Kegiatan
(30
menit)
|
a. Memberikan
contoh masalah pribadi yang dapat dibahas
b. Mempersilahkan
anggota untuk mengemukaakan masalah pribadi masing-masing secara bergantian
c. Memilih/menetapkan
masalah yang akan dibahas
d. Membahas
masalah terpilih secara tuntas
e. Selingan
f. penyimpulan
|
a. Memperhatikan
b. Memperhatikan,
berpartisipasi
c. Berpartisipasi
aktif mengemukakan pendapat
d. Melaksanakan,
aktif
e. Mengikuti
PK
f. Aktif
dan berpartisispasi
|
a.
Berpikir logis
b.
Menghargai
c.
Berpikir logis
d.
Aktif
e.
Bekerjasama
f.
Berpikir logis
|
4.
|
Pengakhiran
(20 menit)
|
a. Menjelaskan
bahwa kegiatan Bimbingan kelompok akan segera di akhiri
b. Menyimpulkan
hasil dari masalah yang telah dibahas
c. Mengevaluasi
kegiatan yang telah dilakukan:
- Pemahaman
yang sudah diperoleh oleh AK
- Perasaan
yang dialami selama kegiatan berlangsung
- Kesan
yang diperoleh selama kegiatan
d. Membahas
dan menanyakan tindak lanjut kegiatan Bkp
e. Mengucapkan
terima kasih
f. Memimpin
doa
g. Mengucapkan
salam
h. Perpisahan
|
a. Memperhatikan,
Mendengarkan
b. Mendengarkan,
Menyimpulkan
c. Menjawab
pertanyaan
d. Menjawab
pertanyaan
e. Menjawab
f. Berdoa
g. Menjawab
salam
h. Saling
berjabat tangan
|
a.
Menghargai
b.
Peduli, santun
c.
Berpikir logis, Kreatif
d.
Berpikir logis
e.
Santun
f.
Religius
g.
Religius, Sopan
h.
Menghargai, kerjasama
|
H. Materi
layanan : (
Topik Bebas )
I. Sumber :
J. Pelaksanaan Layanan :
I. Sumber :
J. Pelaksanaan Layanan :
-
Waktu : 1 x 30 menit
-
Biaya : Mandiri
-
Tempat : Ruang Ruang
XII Kelas IIS 1
-
Hari / Tanggal : Rabu, 20 Maret 2015
-
Semester/ Tahun : 2/ 2014- 2015
K.
Metode : Diskusi, Tanya jawab,
Permainan
L.
Alat dan Perlengkapan
1.
Media Bimbingan : -
2.
Perlengkapan : buku, pulpen.
M.
Penyelenggara layanan : Syaeful Amri Bagus R.
N.
Pihak yang disertakan dalam
layanan dan perananya masing-masing :
-
Siswa XII IIS 1
O.
Rencana Penilaian :
1. Penilaian Proses : Dilaksanakan pada saat kegiatan berlangsung, dengan cara mengamati keaktifan, kesungguhan dan keantusiasan anggota kelompok selama kegiatan BKP berlangsung.
2. Penilaian Hasil : Dilaksanakan setelah kegiatan pemberian layanan selesai dilaksanakan. (Laiseg, Laijapen, Laijapang).
P.
Analisis :
Dari hasil evaluasi / penilaian dapat dilakukan
analisis sebagai berikut :
1. Analisis Penilaian Proses : Analisis penilaian proses kegiatan untuk diketahui hambatan dan dukungan dalam pencapaian tujuan.
2. Analisis Penilaian Hasil : Analisis penilaian hasil diketahui tingkat pencapaian pengentasan masalah dan pencapaian tujuan.
Q. Tindak Lanjut : Melakukan tindak lanjut bagi peserta didik yang memerlukan bimbingan lanjutan secara individual.
R. Keterkaitan Layanan ini Dengan Layanan / Kegiatan Pendukung : Konseling Kelompok dan Konseling Individual.
S.
Catatan Khusus :
Semarang, 20 Maret 2015
0 Response to "Contoh RPL Bimbingan Kelompok "
Post a Comment