Contoh RPL Bimbingan Kelompok


http://konselorkece.blogspot.com/        
                                              


SMA NEGERI  3  PEMALANG
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN DAN KONSELING
                                                                                                                                   

A.    Topik Permasalahan                     : (Bebas / Ditentukan Bersama)
B.     Bidang Bimbingan                       : Sosial
C.     Jenis Layanan                               : Bimbingan Kelompok ( Bebas )
D.    Fungsi Layanan                            : Pemahaman
E.     Kompetensi yang Ingin Dicapai:          
                          
1.    Tujuan Layanan                       : Setelah mendapatkan layanan ini, peserta didik diharapkan dapat :
-       Memahami permasalahan dari masalah yang dihadapi
-       Memiliki sikap positif tentang masalah yang telah dihadapi
-       Terpecahkannya masalah individu yang bersangkutan dan diperolehnya imbasan pemecahan masalah tersebut bagi individu-individu lain peserta layanan ini
2.    Hasil yang Ingin Dicapai :
Agar peserta didik dapat memahami topik yang di sampaikan

F.      Sasaran Layanan                          : Siswa SMA N 3 Pemalang kelas XII IIS 1

G.    Uraian Kegiatan                           :
No
Tahapan
Kegiatan
Nilai Yang Ditanamkan
Guru Pembimbing
Peserta Didik
1.
Pembentukan (15 Menit)
a.    Menerima kehadiran AK secara terbuka dan mengucapkan terima kasih
b.    Memimpin berdoa
c.    Menjelaskan pengertian dan  tujuan bimbingan kelompok
d.   Menjelaskan cara pelaksanaan bimbingan kelompok diantaranya :
-       Format kegiatan
-       Peran anggota kelompok
-       Suasana interaksi
e.    Menjelaskan asas-asas bimbingan kelompok (kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, kegiatan, kenormatifan, kekinian)
f.     Menyampaikan kesepakan waktu
g.    Perkenalan dilanjutkan Permainan untuk menghangatkan suasana agar saling terbuka, saling percaya, saling menerima sehingga tercipta dinamika kelompok
h.    Pembacaan ikrar yang dibacakan konselor dan diikuti AK
a.    Merespon dengan membalas ucapan kembali kasih

b.    Berdo’a

c.    Memperhatikan, mendengarkan


d.   Memperhatikan dan mendengarkan








e.    Memperhatikan









f.     Menyepakati waktu
g.    Memperkenalkan diri secara bergantian dan melaksanakan permainan






h.  Mengikuti



a.    Santun, peduli




b.    Religius

c.    Berpikir logis


d.   Berpikir logis









e.    Berfikir logis









f.     Disiplin

g.    Saling menghargai, keaktifan, kerjasama






h.    Keaktifan dan mau bekerja sama
2.
Peralihan
(10  menit)
a.    Mengkondisikan anggota kelompok agar siap melanjutkan ketahap berikutnya
b.    Menanyakan kesepakatan AK untuk kegiatan lebih lanjut dan mengenai sasaran
c.    Menjelaskan contoh masalah pribadi yang dapat dikemukakan dan dibahas dalam kelompok
a.    Memberikan respon jawaban atas kesiapan anggota kelompok

b.    Menjawab pertanyaan



c.    Memberikan respon, aktif dan menanggapi
a.    Jujur





b.    Menghargai




c.    Memahami, merespon
3.
Kegiatan
(30 menit)
a.      Memberikan contoh masalah pribadi yang dapat dibahas
b.     Mempersilahkan anggota untuk mengemukaakan masalah pribadi masing-masing secara bergantian
c.      Memilih/menetapkan masalah yang akan dibahas
d.     Membahas masalah terpilih secara tuntas
e.      Selingan
f.      penyimpulan
a.       Memperhatikan



b.      Memperhatikan, berpartisipasi




c.       Berpartisipasi aktif mengemukakan pendapat
d.      Melaksanakan, aktif
e.       Mengikuti PK
f.       Aktif dan berpartisispasi
a.           Berpikir logis


b.           Menghargai




c.           Berpikir logis


d.          Aktif
e.           Bekerjasama
f.            Berpikir logis
4.
Pengakhiran (20 menit)
a.      Menjelaskan bahwa kegiatan Bimbingan kelompok akan segera di akhiri
b.     Menyimpulkan hasil dari masalah yang telah dibahas
c.      Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan:
-       Pemahaman yang sudah diperoleh oleh AK
-       Perasaan yang dialami selama kegiatan berlangsung
-       Kesan yang diperoleh selama kegiatan
d.   Membahas dan menanyakan tindak lanjut kegiatan Bkp
e.    Mengucapkan terima kasih
f.     Memimpin doa
g.    Mengucapkan salam
h.    Perpisahan
a.     Memperhatikan, Mendengarkan



b.     Mendengarkan, Menyimpulkan


c.     Menjawab pertanyaan













d.   Menjawab pertanyaan


e.    Menjawab

f.     Berdoa
g.    Menjawab salam
h.    Saling berjabat tangan
a.           Menghargai




b.           Peduli, santun


c.           Berpikir logis, Kreatif













d.          Berpikir logis


e.           Santun

f.            Religius
g.           Religius, Sopan
h.           Menghargai, kerjasama

H.      Materi layanan                             : ( Topik Bebas ) 

I.        Sumber                                                :    
J.         Pelaksanaan Layanan                   :
-       Waktu                                      : 1 x 30 menit
-       Biaya                                       : Mandiri
-       Tempat                                    : Ruang  Ruang XII Kelas IIS 1
-       Hari / Tanggal              : Rabu, 20 Maret 2015
-       Semester/ Tahun                      : 2/ 2014- 2015
K.      Metode                                         : Diskusi, Tanya jawab, Permainan
L.       Alat dan Perlengkapan    
  1.   Media Bimbingan                    : -
  2.   Perlengkapan                           : buku, pulpen.
M.     Penyelenggara layanan                 : Syaeful Amri Bagus R.
N.      Pihak yang disertakan dalam layanan dan perananya masing-masing :
-       Siswa XII IIS 1
O.      Rencana Penilaian                        :

1.    Penilaian Proses                       : Dilaksanakan pada saat kegiatan berlangsung, dengan cara mengamati keaktifan, kesungguhan dan keantusiasan anggota kelompok selama kegiatan BKP berlangsung.

2.    Penilaian Hasil                         : Dilaksanakan setelah kegiatan pemberian layanan selesai dilaksanakan. (Laiseg, Laijapen, Laijapang).

P.        Analisis                                        :
Dari hasil evaluasi / penilaian dapat dilakukan analisis sebagai berikut :

1.      Analisis Penilaian Proses         : Analisis penilaian proses kegiatan untuk diketahui hambatan dan dukungan dalam pencapaian tujuan.

2.      Analisis Penilaian Hasil           : Analisis penilaian hasil diketahui tingkat pencapaian pengentasan masalah dan pencapaian tujuan.

Q.      Tindak Lanjut                              : Melakukan tindak lanjut bagi peserta didik yang memerlukan bimbingan lanjutan secara individual.

R.       Keterkaitan Layanan ini Dengan Layanan / Kegiatan Pendukung : Konseling Kelompok dan Konseling Individual.
S.        Catatan Khusus                            :



Semarang, 20 Maret 2015
Mengetahui
Guru Pamong                                                                                         Praktikan
                                                                                               
Padmi Dhyah Yulianti                                                                                    Syaeful Amri Bagus R.
                                                                                                            







Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Contoh RPL Bimbingan Kelompok "

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive