Pengertian Masalah Dalam BK

A. Definisi Masalah Dalam Pandangan Bimbingan dan Konseling

Siapa sih orang di dunia ini yang gak punya masalah. Semua orang pasti pernah, sering, ataupun sedang punya masalah. Kalau anda tidak punya masalah berarti ada dua kemungkinan yang terjadi pada anda. Yang pertama anda adalah orang gila, yang kedua anda sudah mati. Dalam Bimbingan dan Konseling, definisi masalah adalah :

1. Kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan

 Contoh : Anda ingin punya mobil mewah, istri cantik, dan uang yang banyak (keinginan) tapi pada kenyataanya anda hanya punya motor butut, anda masih singgle, dan anda adalah seseorang yang belum kaya. Jika sperti itu kenyataanya dan anda tidak mau menerima kenyataan, maka saya pastikan anda akan mempunyai masalah.

2. Yang seharusnya tidak sesuai dengan yang terjadi

Contoh : Anda dalam suatu pekerjaan. Anda seharusnya sudah naik jabatan karena masa pengabdian anda sudah cukup lama, prestasi anda juga baik, akan tetapi atasan anda tidak kunjung juga menaikan jabatan anda.

3. Praktek tidak sesuai dengan teori

Contoh : Anda adalah seorang konselor, menurut teori bila anda mau melaksanakan praktek konseling individu ruangan yang dipakai harus memadai seperti tenang, luas ruangan yang cukup, tata letak meja dan kursi yang sesuai dan lain sebagainya.Akan tetapi pada prakteknya anda harus melakukan konseling individu di ruang yang sempit, berisik , dan meja atau kursi yang kurang memadai. 

B. Faktor Penyebab Timbulnya Masalah Dalam Ruang Lingkup Bimbingan dan Konseling

 1. Sekolah, seperti sistem sekolah, keadaan sekolah, dan lain sebagainya
2. Siswa
3. Konselor atau guru BK, seperti kompetensi konselor, kepribadian konselor dan lain sebagainya.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pengertian Masalah Dalam BK"

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive