Pengenalan tentang Kelemahan Diri Sendiri dan Upaya Penanggulangannya.


A.    Pengertian mengenal dan memahami tentang kelemahan diri sendiri



Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk mengenal kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam dirinya sehingga dapat memberikan respon yang sesuai dengan tuntutan baik dari luar maupun dari dalam (Helmi, dalam http://worpress.com). Dengan mengenali diri seseorang akan lebih baik dalam menjalankan kehidupannya. Kelebihan yang dimiliki merupakan aset, sumber daya yang mendukung kehidupan, namun jika kelebihan tidak disadari maka sulit untuk mengembangkan dan menerapkan kelebihan itu. Begitu juga dengan kekurangan atau kelemahan pada diri, jika tidak disadari akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

B.     Cara mengatasi kelemahan diri dengan kelebihan-kelebihan.

Ketika ada yang bertanya “Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri kamu?”, banyak orang yang akan berpikir lama, bahkan saking lamanya semua jadi ‘blank’ dan akhirnya tak menjawab apapun. Pertanyaan seperti itu mungkin sering muncul saat interview kerja, interview beasiswa, ataupun saat training tentang pengenalan diri. Mengenal diri sendiri memang gampang-gampang susah, gampang karena ini diri kamu sendiri, bukan orang lain yang mungkin tak dikenal. Susah karena sebagian dari kita tak pernah tahu ‘siapa diri kita sendiri’. Untuk mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri, kita terlebih dahulu harus bisa menghargai diri kita. Berpikirlah bahwa tiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin karena tidak pernah menghargai diri, kita seringkali lebih mudah untuk melihat kekurangan diri sendiri, fokus pada kekurangan diri adalah sesuatu yang tidak menguntungkan.
NO BODY’S PERFECT. Semua orang punya kelebihan dan kelemahan. Kelebihan atau kekuatan bisa mendatangkan sukses, sedangkan kekurangan atau kelemahan bisa mendatangkan masalah atau kegagalan. Karena itu, penting untuk memperbaiki kelemahan sebelum menimbulkan kejatuhan. Everybody has a weakness. Semua orang punya kelemahan. Tidak peduli sehebat, setangguh, sekuat atau sepintar apapun kita, kita punya kelemahan masing-masing. Seorang teman saya berkata, “saya paling tidak bisa mengatakan tidak… akhirnya saya terus dimanfaatkan teman-teman saya.

C.     Beberapa cara untuk memanfaatkan atau merubah kelemahan diri menjadi suatu kelebihan.

v  Belajar untuk mengenali potensi diri
v  Banyak bertanya dan terbuka kepada orang lain
v  Tetap Merasa Percaya Diri dan yakin kelemahan itu akan ada kelebihan dibaliknya
v  Siapkan mental untuk mendengarkan kebenaran yang sulit tentang diri kita.
v  Sadari kelebihan dan tingkatkan
v  Menggunakan kelebihan-kelebihan yang ada untuk hal-hal yang berguna baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri.


Sumber : Helmi, 2012 dalam http://wordpress.com/. 18 September 2013

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pengenalan tentang Kelemahan Diri Sendiri dan Upaya Penanggulangannya."

Post a Comment

Entri Populer

Blog Archive